APRIL Pulp Mengembangkan Kain Tenun

APRIL Grup adalah salah satu produsen pulp dan kertas yang terkenal di Indonesia. APRIL Grup sendiri terkenal dengan perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kesejahteraan warga di sekitar area operasionalnya. Oleh sebab itu, mereka mengembangkan kemampuan para perajin kain tenun dan menggandeng masyarakat sebagai mitra binaan dalam melakukan pengembangan keterampilan para perajin tenun. APRIL Pulp sendiri melakukan hal tersebut karena mengetahui persis bagaimana kondisi masyarakat di sekitarnya yang mana banyaknya pengangguran terutama para wanita. Mereka yang peduli terhadap nasib masyarakat di sekitarnya berinisiatif mengubahnya. Di bawah payung program Community Development (CD), mereka menggulirkan kegiatan pengembangan para perajin kain tenun yang mana kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak 2017 lalu di Kabupaten Kepulauan Meranti di Provinsi Riau.

Para penenun ini dipekerjakan dalam pembuatan kain tenun untuk perusahaan. Para penenun diberi bayaran sesuai dengan jumlah kain tenun yang biasanya mereka hasilkan dan dalam hal ini mereka membutuhkan waktu antara empat hingga lima minggu untuk menyelesaikan satu kain tenun. Yang lebih istimewanya, mereka tidak harus bekerja di perusahaan. Mereka bisa mengerjakan pekerjaannya di rumah masing-masing.

Pada awal tahun 2018 mereka mulai menjalankan kegiatan pengembangan keterampilan perajin kain tenun dia Pelalawan. Ada dua orang yang diberi pelatihan khusus. Mereka adalah Rahmi dan Siti Mardiyah yang dijadikan pionir oleh APRIL. Dari dua orang itu, Siti sudah mempunyai dasar keterampilan menenun dan pernah mendapat pelatihan dari Dekranasda Pelalawan. Sekarang ia tinggal mengikuti pelatihan yang dijalankan oleh APRIL Grup. Sedangkan Rahmi memulai dari nol. Ia dikirim untuk belajar dan mengikuti pelatihan di Pekanbaru. Pelatihan tersebut dilakukan selama dua hingga tiga minggu.

Saat ini, APRIL grup berencana hendak mencari lokasi sebagai basis kegiatan. Lokasinya diperkirakan ada di kawasan Gang 2000 yang sudah menjadi sentra industri tenun di Pangkalan Kerinci. Dengan bergabung dalam kegiatan pengembangan keterampilan menenun, banyak keuntungan yang diperoleh. Perajin otomatis langsung menjadi mitra APRIL Grup. Dengan bekal yang mereka peroleh sampai saat ini, mereka akan mendapat beragam dukungan mulai dari pengembangan kemampuan, pemasaran, hingga manajemen. Selain itu, kemudahan seperti bantuan permodalan pasti akan diperoleh. Siapa saja boleh ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Setelah proses pendampingan dijalankan, APRIL Grup mengajari mereka untuk melakukan proses pembuatan kain tenun yang tepat. Selain itu, APRIL membekali mereka dengan cara-cara pemasaran dan manajemen usaha yang baik. Semua itu memang disengaja oleh APRIL Grup karena mereka ingin para perajin itu mampu berkembang menjadi pengusaha yang mandiri. Diharapkan ke depannya mereka bakal sanggup mengelola kerajinannya sendiri menjadi usaha kecil yang menghasilkan

1 komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Diberdayakan oleh Blogger.