Kiat-kiat Jitu Membeli Properti Bagi Generasi Millennial

Generasi millenial disebut juga generasi Y, yakni orang-orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980 sampai 2000an. Itu artinya generasi millenial adalah generasi muda yang berumur 17- 37 pada tahun ini.

Generasi millenial dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi pendahulunya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi. Ciri khas dari generasi ini adalah mereka lahir pada saat TV berwarna, dan handphone serta internet sudah diperkenalkan. Sehingga generasi ini sangat menguasai teknologi.

Kaum millennial juga menyukai semua yang serba praktis, begitu juga dalam hal tempat tinggal. Apartemen jadi hunian yang dianggap ideal bagi generasi ini karena selain menyediakan fasilitas yang lengkap, apartemen juga berada di kawasan yang strategis yang memudahkan penghuni menjangkau berbagai tempat dengan cepat. Bahkan kawasan superblok yang ditawarkan apartemen memungkinkan penghuni untuk bekerja, menikmati hiburan, dan bertempat tinggal di area yang sama.

Anda yang masuk kategori generasi millenial dan memutuskan untuk membeli properti berupa apartemen, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Memilih lokasi apartemen

Dimana Anda akan tinggal? Kawasan mana yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda? Berapa jarak dari kantor tempat Anda bekerja? Apakah Anda ingin ada pusat perbelanjaan dekat dari apartemen? Bila Anda ingin menjangkau berbagai tempat hanya dengan berjalan kaki, masukkan poin ini dalam daftar keinginan Anda. Bila Anda menginginkan area terbuka, cari apartemen yang dilengkapi taman yang luas. Spesifikasi sangat penting ketika menentukan apa yang Anda cari dari sebuah hunian.

Alokasikan dana

Tentukan berapa banyak dana yang bisa Anda keluarkan. Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang tepat untuk membahas antara pemasukan dan hutang serta membantu menentukan berapa banyak yang bisa Anda habiskan untuk membeli apartemen. Lalu luangkan waktu untuk memutuskan seperti apa kehidupan Anda setelah membeli apartemen. Apakah Anda ingin punya cukup uang untuk bepergian atau Anda berencana menikah dan membina keluarga dalam waktu dekat? Bila Anda berencana membeli apartemen lebih rendah dari yang Anda mampu, ini artinya Anda punya sisa uang untuk hal lain.

Gunakan jasa agen properti

Cari agen properti yang bisa dipercaya. Mereka tahu tentang pasar properti yang sedang berkembang dan bisa menggunakan keinginan Anda sebagai alat untuk mempersempit pencarian apartemen. Agen properti bisa bernegosiasi untuk mendapat kesepakatan terbaik dan akan membantu Anda melengkapi dokumen untuk pembelian  apartemen.

Pastikan Anda mencari agen yang mewakili Anda sebagai pembeli. Ingat, penjual yang membayar agen, jadi Anda tak perlu khawatir bekerja sama dengan mereka.

Minta agen properti untuk melakukan penawaran atas nama Anda ketika Anda menemukan apartemen yang menarik.  Mereka bisa menentukan penawaran dan mengingatkan Anda fasilitas ekstra yang mungkin Anda minta disertakan. Agen akan tahu apakah kebutuhan Anda perlu disertakan. Agen akan memberikan penawaran ke penjual dan akan memberi tahu Anda hasil negosiasinya.

Cari tahu biaya beli apartemen sebenarnya

Anda perlu tahu berapa besar dana yang dihabiskan untuk membeli apartemen Anda. Pembeli apartemen pertama kali sering terkejut mengetahui harga pembelian mereka lebih besar dari yang seharusnya. Anda mungkin perlu membayar biaya tambahan lain. Semua biaya ini bisa 3 hingga 8 persen dari harga pembelian final. Minta agen membuat perkiraan harga untuk apartemen yang Anda ingin beli agar Anda tahu total biaya yang harus disiapkan.

Inspeksi

Ketika memilih apartemen yang tepat, Anda perlu melihatnya dari dekat. Pastikan luas ruangan sesuai dengan yang Anda harapkan. Periksa apakah keran di kamar mandi berfungsi dengan baik, pendingin udara bekerja normal, serta ketersediaan fasilitas yang dijanjikan. Anda perlu memeriksa kondisi gedung secara keseluruhan juga.

Kenali lingkungan apartemen

Anda belum mengenal sebuah lingkungan bila belum menghabiskan banyak waktu di area tempat Anda pindah. Perhatikan lalu lintas di sekitar apartemen sebelum pindah, apakah kondisinya selalu macet dan menimbulkan kebisingan.

Baca perjanjian jual-beli

Jangan sampai Anda menandatangani perjanjian jual beli apartemen tanpa mengetahui isinya. Memang dokumen ini bukan bahan bacaan yang menarik, tapi Anda tetap harus membacanya.
Bila Anda membacanya, Anda bisa mengantisipasi masalah yang muncul nantinya. Misalnya, aturan dari pengelola untuk tidak membuat keributan. Bila Anda tidak membaca ini, Anda bisa menghadapi masalah ketika melanggarnya. Ini akan makan waktu lebih banyak dibanding membaca perjanjian jual beli sebelum menandatanganinya.

Seperti diterangkan di awal, generasi millenial sangat dekat dengan teknologi. Mereka memanfaatkan teknologi untuk berbagai kebutuhan. Kenapa tidak memanfaatkan teknologi untuk mencari apartemen yang tepat? Website seperti www.jendela360.com bisa memudahkan Anda menemukan apartemen yang Anda inginkan dengan cepat dan mudah.
Jendela360 merupakan sebuah startup berbasis teknologi yang hadir untuk membantu orang-orang yang tengah kesulitan mencari sewa apartemen maupun berniat untuk membeli unit apartemen, sekaligus membantu pemilik apartemen yang ingin menyewakan atau menjual apartemennya.  Melalui situs ini, calon pembeli bisa memilih apartemen berdasarkan lokasi, tipe unit, dan harga sewa yang diinginkan.

Jendela360 menawarkan banyak kelebihan, antara lain:

Memilih apartemen sesuai lokasi dan budget yang diinginkan

Misalnya, bila Anda bekerja di area Tanjung Duren, tentu preferensi Anda adalah apartemen di kawasan Jakarta Barat agar mobilitas ke tempat kerja lebih mudah dan hemat waktu. Di Jendela360 Anda juga bisa cari apartemen dengan range harga sesuai budget yang Anda punya.

Virtual tour dengan foto 360 derajat

Foto 360 derajat memungkinkan Anda melihat kondisi apartemen dengan lebih detail. Bahkan Anda bisa melihat tiap sudut ruangan dengan lebih seksama. Jadi Anda punya bayangan tentang seperti apa bentuk apartemen yang sebenarnya. Ini juga menghemat waktu Anda agar tidak terbuang percuma karena mensurvey apartemen satu per satu.

Informasi akurat

Anda tidak perlu khawatir, apartemen yang terdaftar di Jendela360 sudah melewati proses verifikasi dengan informasi yang transparan. Dengan membuka situs Jendela360, Anda bisa tahu harga masing-masing unit serta informasi detail dari unit yang bersangkutan.
Tidak hanya menguntungkan pembeli apartemen, pemilik apartemen juga bisa memanfaatkan Jendela360 untuk memasarkan unit apartemen mereka. Jendela360 tidak hanya akan memasang iklan Anda di website mereka, tapi juga mengiklankan kembali apartemen Anda di seluruh marketplace properti di Indonesia.

Nah, tunggu apa lagi? Segera ambil gadget Anda dan cari apartemen yang Anda impikan di Jendela360!

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.