Yuk Belanja Hemat Mingguan dan Pelajari Tips Menyimpan Makanan.


Hello mom,  gimana kabarnya ? semoga senantiasa sehat dan terus semangat upgrade diri dengan menambah ilmu sebanyak-banyaknya dari mana saja. Wah sudah akhir pekan  saja yaa mom, ada acara apa minggu ini ? Sudahkah membuat meal plan dan daftar belanja mingguan ? karena dengan membuat daftar belanja mingguan ini bisa menjadi salah satu cara menghemat pengeluaran namun tetap mendapat sesuatu yang maksimal lo mom, yaitu makanan bernutris namun tetap nikmat.


Lewat chanel youtube Ibu Eksha dibeberkan cara belanja hemat mingguan dan cara menyimpannya. Ada banyak tips yang dibagikan Ibu Eksha lo.


Jadi mom, jangan terburu-buru berangkat ke pasar atau abang tukang sayur sebelum membuat meal plan apa saja yang akan dimasak untuk satu atau dua minggu kedepan. 

 

Setelah itu cross check dengan persedian di dapur atau di kulkas barang-barang apa saja yang habis atau tidak ada dan perlu untuk dibeli. Karena dengan seperti ini akan memudahkan saat berbelanja supaya lebih fokus, gak buang-buang waktu karena bingung atau lupa apa aja yang mau dibeli. Belanja jadi lebih cepat dan yang pasti gak merembet beli barang-barang yang seharusnya tidak perlu dibeli, hemmm jadi lebih hemat yaa mom, sekalian bisa menjalankan amanah suami dalam mengatur keuangan dengan baik.


Panduan berbalanja mingguan kali ini untuk 3 orang yang mom, yuk simak selengkapnya:


  • Membuat meal plan selama 1-2 minggu kedepan
  • Mengcross check bahan di dapur
  • Membuat daftar belanja
  • Belanja sesuai kebutuhan
  • Simpan dalam wadah kemudian masukan ke kulkas.


Tips dan trik dalam penyimpanan makanan yang disampaikan ibu Eksha diantaranya adalah simpan santan setelah diperas menggunakan air matang dan masukkan kedalam plastik sesuai kebutuhan per porsi masakan. Simpan dalam freezer agar lebih awet, kemudian pindahakan ke cheeler agar mencair sehari sebelum digunakan. 


Untuk sayuran potong-potong kecil ya mom, ingat jangan dicuci dulu kemudian masukan kedalam wadah kedap udara yang sudah dilapisi tisu dapur dan masukkan kulkas bawah.
Penyimpanan cabe dalam kulkas pastikan dulu mom sudah memilih cabe busuk dan bagus ya agar tidak menular. Potong batangnya kemudian simpan dalam wadah kedap udara yang telah dilapisi tisu tambah potongan bawang ya mom, karena bawang bisa mengawetkan makanan. Untuk penyimpanan daging dan ikan disimpan dalam freezer tanpa dicuci dahulu dmasukan dalam wadah kedap udara tambahakan poongan jeruk nipis.


Untuk kentang dan bawang merah atau putih bisa disimpan dalam suhu ruangan ya mom. Atau jika mom ingin mengajarkan masak pada anak, bisa simak penjelasannya disini.


Naah, itu dia mom tis sederhana dalam menyimpan makanan suapaya lebih awet, bisa dicoba yaa mom di rumah. Selamat mencoba ya mom, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.