5 Langkah Jadi Dropshipper Tanpa Modal untuk Mencari Tambahan Penghasilan



Apakah kamu berniat membuka bisnis atau usaha demi menunjang hidup namun terkendala dengan modal? Tenang saja, saat ini ada Evermos dropship tanpa modal. Sebenarnya, apa sih dropship itu? Kenapa bisa berjalan tanpa modal?

Dropship merupakan salah satu usaha tanpa modal yang menguntungkan, sangat cocok buat kamu yang sedang mengalami masa sulit. Definisi dari dropship adalah sebuah bisnis di mana kamu harus memasarkan barang milik orang lain.

Bedanya dengan reseller adalah kamu tidak perlu membeli stok barang, cukup membagikan foto produk atau link pembelian saja, namun tetap mendapat komisi dari penjualan. Hal tersebutlah yang membuat dropship bisa berjalan tanpa modal dan hanya mengandalkan smartphone dan internet saja.

Nah, buat kamu yang berminat dengan jenis usaha ini, ada panduan untuk para pemula yang ingin membuka usaha dropship. Simak ulasannya di bawah ini:


1.    Cari Produk Paling Tepat dan Sesuai

Ketika kamu dihadapkan dengan banyaknya pilihan produk, maka kamu bisa menentukan dengan cara mempelajari produk-produk tersebut. Sebaiknya, pilihlah produk yang paling kamu kuasai. Hal ini bertujuan ketika kamu mendapatkan pertanyaan mengenai produk tersebut dari calon pelanggan, maka bisa menjawab dengan baik.

Selain itu, mencari tahu mengenai produk tersebut bisa membantu kamu untuk mengetahui kualitas, harga yang sesuai dengan pasar, dan lainnya. Jadi, jangan lewatkan untuk cari tahu informasi produk sebelum mulai buka toko dan menentukan supplier ya!

2.    Survei Pasar dengan Baik

Berbeda dengan jual beli secara langsung yang bisa survei pasar dengan mendatangi lokasi usaha, dropship adalah sebuah usaha yang hanya bisa dijalankan secara online saja, maka survei pasar adalah dengan mempelajari bagaimana karakter setiap pengguna media sosial yang kamu pilih.

Misalnya untuk pengguna Facebook yang didominasi orang-orang lebih dari 30an tahun, maka bisa menjual alat-alat rumah tangga, seperti alat masak atau kebersihan. Apabila kamu memilih platform untuk usaha dropship dengan pasar warganet Instagram, maka bisa pilih pakaian, make up, atau skincare yang cenderung di pilih anak muda.

Begitu pula untuk media sosial lainnya, kamu harus tahu karakter masing-masing penggunanya. Kemudian, jika kamu menjual barang dropship secara langsung ke kerabat atau teman, bisa melihat apa yang mereka suka dan butuhkan, serta sesuaikan dengan harga yang cocok dari pasar yang kamu tentukan.

3.    Pilih Nama Toko yang Gampang Diingat

Kamu juga harus memikirkan nama toko yang gampang diingat, jadi ketika pembeli ingin beli maka mereka bisa kembali ke toko kamu jika nama mudah diingat. Sebaiknya kamu cari nama toko yang memang belum dipakai orang lain agar mudah untuk dicari kembali.

Setelah berhasil menentukan nama toko, kamu bisa mulai membuat logo toko. Buatlah logo yang eye catching. Pada tahap ini, kamu harus menentukan dengan baik karakteristik warna khas toko kamu dan font yang akan kamu pakai,  serta gaya bahasa yang kamu pakai di poster hingga apa yang kamu pakai ketika melayani pelanggan.

Jangan takut apabila kamu tidak bisa membuat logo, ada banyak aplikasi editor logo baik itu online atau offline.

4.    Siapkan Elemen Visual

Jika kedua hal di atas sudah siap, maka kamu harus menyiapkan elemen visual seperti poster atau foto-foto. Perlu diingat, elemen visual adalah ujung tombak bisnis online. Hal pertama yang dilihat pelanggan adalah gambar.

Biasanya, pihak supplier akan menyediakan, jadi kamu hanya perlu memilih gambar terbaik. Namun, kamu perlu mengubah foto tersebut sesuai dengan toko kamu, tambahkan beberapa elemen yang bisa menjadi ciri khas jika barang tersebut adalah milikmu.

Jangan bingung jika kamu tidak bisa editing, saat ini sudah ada banyak aplikasi dan platform edit online yang menyediakan template gratis.

5.    Pilih Supplier Terpecaya

Menjadi dropshipper atau reseller penting untuk menemukan supplier yang cocok. Kini, ada platform bernama Evermos, hadir untuk membantu masyarakat yang ingin mulai usaha reseller dan dropshipper. Dengan begitu, kamu bisa membuka toko online sendiri tanpa perlu mengeluarkan modal.

Cara kerja menjadi reseller ataupun dropshipper lewat Evermos sangat mudah, cukup daftar akun di aplikasi Evermos, kemudian cari produk yang ingin kamu jual. Ada banyak supplier produk terlaris di Evermos yang bisa kamu pilih, terutama untuk produk-produk kebutuhan muslim, karena sejalan dengan moto Evermos: “Everyday Need for Every Moslem”.


Setelah menemukan produk yang kamu pilih kamu hanya perlu share link produk atau bagikan di toko online kamu. Kemudian, jika ada pelanggan yang beli produk lewat link tersebut, maka komisi bisa langsung kamu dapatkan. Kini, kamu bisa berjualan dan mendapatkan keuntungan tanpa perlu membuka warehouse, hanya di Evermos!

Unduh aplikasi Evermos sekarang juga dan mulai usahamu tanpa modal

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.