Ketahuilah Cara Mencuci Perlengkapan Makan Bayi yang Baik dan Benar

Alat makan bayi yang mungil dan imut-imut ini ternyata butuh perawatan khusus loh moms! Jangan sembarang cuci alat makan bayi anda, salah-salah nantinya malah membuat bayi anda alergi atau hal buruk lainnya juga bisa terjadi, keracunan misalnya. 

Daya tahan tubuh bayi masih rendah sehingga kita perlu menjaga kesehatannya dengan baik, salah satunya adalah dengan mencuci alat makan bayi anda (contoh bisa dibaca disini: https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-air-hangat-disarankan-dalam-mencuci-pakaian-bayi) dan gunakan sabun pencuci foodgrade

Pisahkan peralatan makan kotor berdasarkan fungsinya, singkirkan semua kotoran atau sisa makan dari piring atau gelas. Jika masih ada kotoran makanan yang sulit dibersihkan, rendam dahulu piring-piring tersebut dengan campuran air dan sabun cuci piring. Atau, kamu juga bisa mencoba merendamnya dengan air lemon sekaligus dengan kulit-kulitnya. Untuk menghindari piring atau gelas meninggalkan bau deterjen, larutkan cairan deterjen dengan air panas. 

Cara ini akan membuat deterjen lebih mudah dibersihkan saat membilas. Setelah memastikan semuanya sudah tercuci bersih, keringkan dengan kain bersih sebelum disimpan. Jangan hanya meniriskan piring begitu saja hingga kering, hal ini berpotensi dihinggapi kotoran atau kuman yang terdapat di udara. Langkah terakhir adalah cucilah spons atau kain yang digunakan setelah selesai dipakai, bilas dan cuci lagi lalu keringkan. Lebih baik jika kamu mengganti spon minimal sebulan sekali. 

Gunakan juga metode steam. Saat ini banyak perlengkapan bayi yang dapat membantu mensterilkan peralatan makan dan minum bayi seperti electric steam sterilizer. Pastikan bahwa peralatan makan dan minum yang disterilkan sudah benar-benar bersih. Setelah itu, letakkan peralatan makan dan minum dengan posisi terbalik. 

Selain menjaga kebersihannya, Bunda juga harus memperhatikan materi peralatan makan dan minum bayi. Pastikan bahwa Bunda memilih peralatan makan dan minum yang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya untuk bayi, ya. Dengan cara ini, semoga kesehatan si kecil juga lebih terjaga. Sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Diberdayakan oleh Blogger.