Tips Aman Bermain Sepak Bola Supaya Terhindar dari Cidera

Sepak bola adalah permainan yang sangat banyak sekali penggemarnya, sangking banyaknya sampai emak-emak pun tahu tentang sepak bola. Namun tidak dengan Futsal, bermain futsal adalah salah satu alternatif bagi kalangan pecinta bola kaki yang ingin bermain bola, dan bisa bermain kapanpun maunya. Dan sekarang ini banyak kalangan yang menyukai futsal karena kita dengan mudah untuk bermain dan dengan siapapun. Namun, perlu diperhatikan bagaimana caranya agar kita tidak terhindar dari yang namanya cidera saat bermain futsal. Selain cidera, kaki kram juga menjadi hal yang mengkhawatirkan saat bermain bola, maka dari itu perlunya kehati-hatian saat bermain sepak bola.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kita tidak cidera saat bermain futsal, dan ini harus menjadi perhatian bagi Anda semua yang menyukai olahraga, apapun itu. Naah berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan supaya terhindar dari cidera:

Pemanasan yang cukup

Pemansan ini adalah inti dalam semua cabang olah raga, tidak hanya dalam futsal ataupun sepak bola. Karena dengan kita pemanasan yang cukup sebelum bermain apapun dalam cabang olah raga akan membuat kita terhindar dari yang namanya cidera, bukan hanya kram bisa jadi cidera pada pergelangan kaki mapun tangan karena kita kurang pemanasan. Namun, perlu diingat bahwa pemansan yang belebihan akan membuat kita kecapean saat berolah raga.

Penggunaan sepatu

Penggunaan sepatu yang seuai dan tidak terlalu ketat dengan kaki kita ini akan membuat kita terhindar dari yang namanya kram kaki. Perlu diperhatikan apabila Anda sering kram ketika futsal bisa jadi ukuran sepatu Anda teralu ketat dengan aki. Ketika ukuran seoatu terlalu ketat otot pada kaki kita akan bereaksi tidak normal atau megalami penyumabatn, dan hal inilah yang enyebabkan kaki kita bisa kram

Pergerakan saat bermain

Saak kita bermain, supaya kita terhindar dari cidera maka pergerakan kita jangan terlalu banyak dan berelbihan, karena bisa berdampak buruk pada kaki kita nantinya. Misal, pergerakan yang secara tiba-tiba bisa membuat pergelangan kita kaget dan bisa mengakibatkan cidera pergelangan kaki.

Perhatikan kondisi fisik

Jika kita bermain kondisi fisik atau kaki sudah berat untuk bergerak, lebih baik kita istirahat. Karena ketika kita memaksakan terus bergerak akan mengakibatka kelelahan otot yang nantinya bisa mengakibatkan kita kram pada kaki.

Dilarang menekuk kaki

Saat kita istirahat lebih baik jangan menekuk kaki, karena akan menghambat aliran darah pada kaki kita, ini mengakibatkan rasa pegel yang berlebihan pada kaki kita.

Hindari benturan fisik berlebihan

Ini salah satu hal paling bebahaya saat berolah raga yang adu fisik, karena saat kita beradu fisik dengan lawan kadang posisi tubuh tidak sesuai dan bisa jadi akan berakibat busruk pada tubuh kita.

Naah itulah beberapa hal supaya kita terhindar dari cidera atau kram saat kita berman sepak boal atau futsal. Dan sebenarnya semua permainan membutuhkan 6 hal tersebut sebagai acuan agar terhindar dari yang namanya cidera. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.