5 Hal Ini Menandakan Rem Mobil Anda Butuh Perhatian


Banyak orang tertarik untuk memanfaatkan promo Pajero terbaru karena artinya Anda bisa memiliki mobil impian dengan harga lebih terjangkau. Namun setelah memilikinya, Anda tentunya harus mengetahui berbagai hal dasar mengenai mobil. Setidaknya, Anda harus paham ketika mobil mulai menunjukkan gejala adanya ketidakberesan pada fungsi mesinnya. Misalnya pada sistem pengereman yang biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala berikut:


Lampu indikator rem pada panel instrumen menyala.

Salah satu tanda umum bahwa rem mobil butuh pengecekan adalah lampu indikator rem yang menyala. Sebab, hal ini juga bisa jadi karena adanya masalah serius pada komponen tersebut. Pada panel instrumen, ada dua lampu rem – satu untuk Anti-Lock Brake System (ABS) dan satu lagi adalah indikator level minyak rem. Langsung cek komponen rem jika salah satu lampu tersebut menyala.


Pedal rem terasa enteng saat diinjak.

Kalau Anda merasa rem ringan atau enteng ketika pedalnya Anda injak, hal ini jelas membutuhkan pemeriksaan dan pengecekan khusus. Sebab, pedal rem harusnya terasa mantap ketika diinjak. Hal ini biasanya dikarenakan masalah di sistem hidrolik atau adanya kerusakan di setiap persambungan.


Pedal rem terasa berat ketika diinjak.

Sebaliknya, pedal rem yang terasa berat saat Anda injak juga sama-sama menjadi indikator adanya masalah. Untuk mempermudah Anda saat menginjak pedal rem, ada booster yang terpasang di sana. Jadi, kalau pedal rem terasa berat waktu diinjak, besar kemungkinan ada masalah pada booster, misal booster rusak atau ada kebocoran.


Keluar bunyi tak wajar dari rem.

Jika rem mengeluarkan bunyi aneh yang tidak biasa, sudah pasti rem mobil Anda harus segera diperiksa. Misalnya saja bunyi berdecit atau melengking yang tidak normal. Sebab, bunyi-bunyi tersebut bisa jadi timbul karena bantalan atau sepatu rem yang sudah menipis. Jika Anda abaikan, masalah ini bisa berdampak pada kerusakan yang lebih besar dan mahal.


Ada getaran pada rem.

Ada beberapa bagian komponen rem yang bisa overheat dan memicu kontraksi pada rotor. Akibatnya, pedal rem atau setir jadi bergetar ketika Anda sedang melakukan pengereman. Pasalnya, rotor berfungsi untuk menurunkan kecepatan laju kendaraan dengan menekan bantalan rem. Kontraksi pada rotor bisa menyebabkan permukaannya tak rata, dan akhirnya memicu getaran tersebut.


Itulah 5 tanda rem mobil Anda butuh perhatian ekstra. Ketika mobil menunjukkan satu atau lebih gejala di aatas, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan. Sebab, sistem ini akan sangat berpengaruh pada keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.