Rekomendasi 4 Souvenir Unik Malang untuk Buah Tangan


Kota Malang memiliki segudang souvenir seperti Pia Mangkok yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Malang saat kamu berkunjung ke sana. Dan selain oleh-oleh makanan, Kota Malang juga ada souvernir unik. Memang, bila mendenger kata oleh-oleh biasanya kita akan mengasosiasikannya dengan makanan saja, padahal ada banyak barang atau souvenir menarik yang juga bisa dijadikan buah tangan. Nah, berikut ini beberapa souvenir khas Malang yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh:


Keramik Dinoyo

Salah satu souvenir cantik yang bisa kamu jadikan buah tangan adalah keramik Dinoyo. Seperti namanya, keramik Dinoyo dapat kamu temukan di Kampung Wisata Keramik Dinoyo, di Jalan MT Haryono XI, Dinoyo. Di kampung ini, sebagian besar masyrakatnya hidup sebagai pengrajin dan penjual keramik. Sehingga kamu akan menemukan banyak toko keramik di sepanjang jalan kampung ini.


Keramik yang bisa kamu bawa pulang pun beragam jenisnya. Mulai dari cangkir, vas, teko lucu, mug, serta hiasa rumah lucu lainnya. Ciri khas dari keramik Dinoyo adalah desain dan warnanya yang natural, serta coraknya atau motifnya yang biasanya berbentuk bungan dan daun dengan warna yang sejuk. Jangan ragu untuk membeli keramik Dinoyo ini, karena harganya cukup miring untuk keramik dengan kualitas tinggi dan unik ini.


Topeng

Terdapat dua jenis topeng khas Malang yang bisa menjadi pilihan sebagi oleh-oleh khas Malang, yakni Topeng Malangan dan Topeng asli Desa Kedaung Monggo. Meskipn sama-sama topeng, namun keduanya memiliki ciri khas sendiri. 


Topeng Malangan bukan hanya sekedar kerajinan topeng saja, namun juga merupakan seni tradisional peninggalan kerjaan Kanjuruhan yang masih dilestarikan hingga saat ini. Topeng ini biasanya digunakan sebagai atribut tarian tradisional. Sebagai oleh-oleh, Topeng Malangan juga bisa dibawa pulang dalam beragam bentuk hiasan, misalnya saja gantungan kunci, gantungan dinding, serta hiasan meja.
Sementara Topeng Desa Kedaung Monggi juga dibuat dari bahan kayu berkualitas dan dapat dijadikan sebagai pajangan dinding saja. Bentuknya biasanya diambil dari tokoh pewayangan.


Batik

Salah satu ciri khas Batik Malang adalah penggunaan warna cerah pada coraknya, seperti pada motif batik Malang Kucecwara. Kamu bisa membeli batik dengan motif ini di beberapa toko batik yang tersebar di Malang. Namun bila kamu juga ingin melihat secara langsung proses pembuatannya dan bahkan mendesain dan membuat sendiri batik khas Malang ini, maka kamu bisa mengunjungi langsung sentra pembuatan Batik Malang di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Klojen.


Kaos

Kalau Jogja memiliki kaos Dagadu dengan ciri khas desainnya yang berupa banyolan khas Jogja, maka Malang memiliki kaos Soak Ngalam. Nama ini sebenarnya adalah kebalikan dari kata "Kaos Malang". Ya, ini karena Malang memang terkenal dengan keunikannya yang suka membolak-balik kata-kata. Nah, desain dari kaos ini pun kebanyakan menggunakan kata-kata yang dibalik, sehingga unik dan banyak disukai oleh kalangan muda. Kamu bisa membeli kaos ini di outlet resminya di Jl. Kawi Atas No.24 Gading Kasri, Klojen, Malang.


Itu tadi beberapa souvenir yang bisa kamu jadikan sebagai buah tangan saat berlibur ke Malang, mana yang menarik bagimu?

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.