Ini Dia Berbagai Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi Pada Mobil dari Berbagai Segi


Seperti yang kita ketahui, bahwa oli dikatakan sebagai salah satu komponen paling penting pada sebuah mobil. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa penggunaan oli pada kendaraan tersebut ternyata memiliki dua jenis yakni jenis oli mesin mobil terbaik dan jenis oli transmisi. Lantas, tahukah Anda mengenai apa yang menjadi perbedaan antara kedua jenis oli mobil tersebut? Jika Anda mungkin masih penasaran dan ingin tahu lebih detailnya, maka sebaiknya menyimak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.


Segi fungsi

Pada dasarnya, oli mesin memiliki fungsi utama sebagai pelumas untuk melindungi komponen – komponen pada mesin mobil. Sehingga ketika mobil sedang bergerak, maka nantinya akan ada komponen – komponen pada mesin yang saling bersinggungan dan hal inilah yang akan membuat komponen tersebut terhindar dari yang namanya kerusakan. Berbeda dengan jenis oli transmisi yang mana berguna untuk membantu memudahkan perpindahan gigi transmisi dapat dilakukan dengan lancar tanpa ada kendala. Oli transmisi juga berguna sebagai penghubung antara transmisi dan gardan mobil.


Segi tampilan

Melihat dari segi tampilannya sendiri, untuk jenis oli mesin mobil biasanya memiliki warna keemasan dan pada saat sudah digunakan maka warnanya akan berubah menjadi gelap. Bahkan ketika Anda sudah terlalu lama menggunakan oli mesin tanpa dilakukan penggantian, maka oli tersebut akan berubah warna menjadi hitam. Berbeda dengan oli transmisi yang memiliki warna kemerahan dan akan mengalami perubahan warna hitam serta memiliki tekstur yang lebih cair ketika sudah lama digunakan.


Segi kandungan

Pada jenis oli mesin mobil terbaik biasanya dalam pembuatannya memiliki kandungan minyak bumi atau mineral, tetapi kebanyakan saat ini menggunakan bahan sintetik. Selain itu, pembuatannya juga sering kali menggunakan perpaduan antara sintetik dan mineral yang menjadi semi-sintetik. Untuk jenis oli transmisi justru memiliki kandungan detergen dan juga zat aditif. Dimana, kandungan ini digunakan untuk menjadikan komponen penyusun sistem transmisi dapat terjaga dan meminimalisir terjadinya risiko keausan.


Segi waktu penggantian oli

Perbedaan yang bisa Anda lihat dari kedua jenis oli mobil tersebut yakni dari waktu penggantian oli. Dalam hal ini, jenis oli mesin mobil biasanya memiliki waktu penggantian yang lebih cepat jika dibandingkan dengan oli transmisi. Ini dikarenakan, oli mesin memiliki tugas melakukan pelumasan pada semua bagian dari mesin mobil. Sedangkan untuk oli transmisi hanya melumasi sistem transmisinya saja. Adapun untuk waktu penggantian dari oli transmisi biasanya dilakukan setiap 30.000 km. 


Dari beberapa perbedaan antara jenis oli mesin mobil terbaik dan oli transmisi di atas, Anda tentunya sudah paham mengenai detail jenis oli yang kira – kira cocok digunakan untuk kendaraan Anda, bukan? Oleh karena itu, bagi Anda yang mungkin lebih tertarik membeli jenis oli mesin dibandingkan oli transmisi di pasaran, bisa membeli oli mesin Idemitsu yang memiliki banyak sekali keunggulan yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.