Kelebihan VSAT untuk Internet, Seberapa Menguntungkan Hal Tersebut?

 


Selain fiber optic dan kabel, internet vsat hts juga merupakan salah satu media transmisi yang penggunaanya cukup banyak untuk kebutuhan internet. Tentunya, hal ini juga tidak lepas dari kelebihan vsat yang cukup bisa menjadi andalan.

Apa Itu VSAT?

VSAT merupakan sistem jaringan yang menggunakan satelit yang terpasang di bumi untuk saling berkomunikasi dengan memanfaatkan satelit yang berada di luar angkasa. VSAT akronim dari Very Small Aperture Terminal.

Apa Saja Kelebihan VSAT?

Jika berbicara kecepatan, maka penggunaan VSAT sebenarnya masih kalah dibandingkan fiber optic atau kabel. Meski demikian, penggunaan VSAT sendiri masih banyak Anda temukan. Hal tersebut menunjukan jika ada kelebihan VSAT yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh jaringan kabel, seperti berikut ini:

1. Cakupan dan Jangkauan Area Sangat Luas

Kelebihan VSAT yang paling utama adalah masalah cakupan dan jangkauan area. Hampir tidak ada area yang tidak bisa tercover jika Anda menggunakan VSAT. Hal ini tentu saja akan berbeda dengan media kabel. 


Di Indonesia misalnya, internet dengan media kabel memang sudah luas, namun masih terbatas hanya sampai kota besar saja.


Penggunaan VSAT bisa menjangkau sampai daerah pelosok yang mungkin sulit terjangkau oleh media kabel. Pada hal ini, penggunaan VSAT akan sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan akan cakupan daerah yang luas.

2. Pemasangan dan Instalasi Lebih Mudah

Jika membandingkan dengan kabel, maka proses pemasangan dan instalasi dari VSAT ini jauh lebih mudah dan cepat. Setidaknya, proses pemasangannya paling akan memakan waktu sekitar satu hari. Proses pemasangan dan instalasinya juga jauh lebih mudah dan tidak memakan banyak tempat.

3. Proses Maintenance Lebih Mudah

Hal lain yang juga menjadi kelebihan VSAT adalah proses maintenance yang jauh lebih mudah. Bahkan jika terjadi kerusakan, maka proses perbaikan ataupun penggantian akan jauh lebih cepat.

4. Penggunaan Bandwidth yang Efisien

Jika dilihat dari segi penggunaan, bandwidth yang ditawarkan dari penggunaan VSAT ini mungkin tidak sebesar jika menggunakan kabel atau fiber optic. Namun, di sisi lain, hal ini juga menjadi salah satu kelebihan VSAT.


Meskipun tidak terlalu besar, namun penggunaan bandwidthnya menjadi tepat. Contohnya adalah penggunaan VSAT untuk transmisi data pada mesin ATM. Selain itu, VSAT juga banyak digunakan pada industri perhubungan, tambang, distribusi, broadcast, dan lainnya.

Seberapa Efektif Penggunaan VSAT?

Jika melihat dari kelebihan VSAT yang dijelaskan di atas, maka penggunaan VSAT akan sangat efektif untuk menjangkau banyak daerah terpencil. 


Di Indonesia misalnya,  dengan luas negara yang sangat besar dan terdiri dari banyak pulau, maka penggunaan VSAT menjadi efektif untuk menjangkau daerah yang sangat jauh.


Selain itu, penggunaan VSAT juga banyak digunakan oleh perangkat yang membutuhkan koneksi internet mobile. Jika Anda sering melihat mobil untuk ATM keliling, maka Anda juga akan melihat VSAT yang berada di atasnya.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.