4 Spesifikasi Printer Terbaik yang Kamu Harus Tahu



Membeli perangkat elektronik tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, kamu menginvestasikan uang yang tidak sedikit untuk bisa memilikinya. Contohnya saja saat kamu ingin membeli printer. Jika ingin mendapatkan barang yang bagus dan bermutu, harga printer yang musti kamu bayarkan bukan ratusan ribu melainkan jutaan. Dan perlu diketahui juga bahwa harga printer ini selalu berbanding lurus dengan spek dan fiturnya. Semakin canggih printer yang kamu incar akan semakin mahal juga harganya. 

Itulah sebabnya, jangan sembarangan saat memilih printer supaya kamu tidak membuang uang percuma. Sebagai panduan, berikut ini adalah 4 spesifikasi printer yang sebaiknya ada di produk incaranmu. Selain canggih, spesifikasi tersebut sudah pasti dibutuhkan dan menguntungkan sehingga kamu tidak rugi sudah membelinya.

Kemampuan cetak maksimal

Ketika membeli printer tentunya kamu perlu memperhatikan seberapa berat kegiatan printing yang akan kamu lakukan. Jika kamu adalah anak sekolah yang tidak banyak melakukan aktivitas pencetakan maka printer dengan kemampuan cetak ratusan lembar per minggu sudah cukup memenuhi kebutuhanmu. Namun, bila kamu adalah mahasiswa, pekerja atau pebisnis yang banyak mencetak dokumen hingga foto, printer dengan kemampuan lebih tinggi akan lebih baik. 

Printer yang bagus biasanya memiliki kemampuan hingga ribuan lembar cetak per bulannya. Eits, jangan salah. Walaupun punya kemampuan yang handal begini bukan berarti kamu boleh memforsirnya dengan benar-benar mencetak ribuan lembar apalagi tanpa jeda, atau dalam waktu berjam-jam tanpa istirahat. Angka tersebut adalah batasan maksimal. Jadi, jika ingin printermu awet dan tidak ngos-ngosan idealnya kamu boleh menggunakan 50% hingga 60% dari kemampuan tersebut. 

Kecepatan Mesin

Pernah tidak sih, kamu merasa tidak sabar menunggu hasil cetak dokumen gara-gara printer yang lambat? Hal ini bukan semata-mata karena printermu lelah atau sudah tua sebab ada juga jenis perangkat yang memang punya kecepatan mesin rendah untuk menghemat konsumsi listrik, misalnya. Jika ingin printer dengan performa yang baik, perhatikan aspek ini. Semakin cepat mesin printer bekerja, artinya semakin banyak lembar yang bisa dicetak dalam kurun waktu tertentu. 

Untungnya, saat ini kamu bisa menemukan printer dengan banyak mode, misalnya fast printing, default, atau slow yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika ada banyak dokumen yang musti dicetak, menggunakan mode fast printing adalah keputusan tepat dengan catatan kamu tidak masalah dengan kualitas cetakannya. Pasalnya, semakin tinggi kecepatan kualitas cetakan akan menurun. Itulah yang menjadi alasan kebanyakan pengguna menerapkan mode default karena hasilnya lebih tajam kendati kecepatannya standar, bukan tercepat.

Resolusi hasil cetak

Aspek ini perlu diperhatikan lebih jeli saat kamu hendak membeli printer. Jangan termakan bahasa marketing yang digunakan oleh produsen. Misalnya saja resolusi ”dapat dioptimalkan” atau “hingga” sebab itu artinya besaran angka yang disebutkan bukanlah kondisi riil atau yang sebenarnya. Dan umumnya, dengan penulisan bahasa tersebut harga printer yang dipasang juga tidak setinggi bayanganmu. Nah, kalau kamu benar-benar ingin punya printer berkualitas investasikan uangmu pada printer dengan resolusi tinggi sekalian, misalnya 1200 x 1200 dpi. Harganya memang cenderung tinggi, namun hasil cetakan teks dan gambarnya tidak mengecewakan.

Resolusi Scan

Mirip dengan resolusi cetak, resolusi scan juga bisa menjebak karena bahasa marketing yang mengambil resolusi tertinggi yang mungkin dihasilkan. Padahal nyatanya resolusi tersebut jarang bisa tercapai dengan maksimal. Agar tidak tertipu, gunakan resolusi optic sebagai tolok ukurnya. Untuk fungsi pemindaian, 300 dpi sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan gambar yang lebih memuaskan. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa memilih printer all in one dengan kemampuan multifungsi yang baik.

Semakin tinggi spek, semakin tinggi pula harga printer yang harus kamu bayarkan. Seharusnya ini bukan masalah karena jika bisa memenuhi kriteria di atas, printermu dijamin memiliki kualitas dan daya tahan yang baik sehingga kamu tidak mengeluarkan uang dengan percuma. 

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.