Cara Mengetahui Kualitas Liontin Berlian Asli dengan Faktor 4C



Tidak semua liontin dengan berlian asli memiliki harga yang mahal. Masih banyak liontin berlian asli dengan harga terjangkau. Pasalnya harga perhiasan berlian sendiri ditentukan oleh kualitasnya. Jadi semakin berkualitas liontin yang Anda beli, maka harganya pun akan semakin mahal. Lalu bagaimana mengetahui kualitas liontin untuk menentukan worth it atau tidaknya? Cara termudah dengan memahami faktor 4C.

Faktor 4C yang terdiri dari carat, cut, color, dan clarity merupakan standar yang dibuat oleh GIA (Gemological Institute of America). Lembaga tersebut memiliki wewenang untuk mengeluarkan sertifikat berlian yang dikenal dengan nama GIA Diamond Report. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai faktor 4C:

Color atau Warna

Faktor 4C pertama yang wajib Anda pahami adalah color atau warna. Berlian untuk liontin umumnya menggunakan white diamond atau berlian putih. Pada berlian putih, semburat warna kekuningan atau kecoklatan bisa mengurangi nilainya. Namun hal tersebut tidak berlaku pada berlian berwarna yang harganya malah semakin mahal.

Berdasarkan penilaian GIA, warna berlian paling tinggi adalah D, sedangkan paling rendah adalah Z. Warna berlian tersebut kemudian dibagi menjadi lima kelompok yaitu:

  • Colorless (D-F) yaitu kelompok warna terbaik dengan harga yang paling mahal. Warna berlian ini paling cocok untuk rangka platinum atau white gold.
  • Near colorless (G-J) hanya memiliki sedikit perbedaan dengan colorless. Bahkan mata telanjang orang awam sulit membedakannya. Liontin berlian asli dengan skala near colorless sudah terbilang bagus.
  • Faint (K-M) terlihat warna kekuningan apabila berlian dilihat dari posisi menghadap ke atas.
  • Very light (N-R) warna kekuningan terlihat jelas, terutama oleh ahli. 
  • Light (S-Z) warna kekuningan terlihat sangat jelas. 

Clarity atau Kejernihan

Beberapa orang sulit membedakan antara warna dan kejernihan. Kejernihan atau clarity sendiri menampilkan tingkat inklusi di dalam berlian. Sebagai batu yang terbentuk di dasar Bumi, berlian asli pasti memiliki inklusi. Berikut ini adalah skala kualitas kejernihan berlian:

  • Flawless (FL) merupakan skala tertinggi yang tidak ada inklusi maupun noda yang terlihat. 
  • Internally flawless (IF) yang inklusinya hanya terlihat oleh ahli dengan 10 kali pembesaran. 
  • Very, very slightly included (VVS) memiliki inklusi namun sulit terlihat oleh mata langsung tanpa pembesaran.
  • Very slightly included (VS) memiliki sedikit inklusi yang sudah sedikit terlihat oleh mata langsung. 
  • Slightly included (SI) memiliki inklusi yang semakin terlihat. Sebaiknya jangan membeli liontin dengan berlian ini. 
  • Included (I) memiliki inklusi yang jelas terlihat.

Cut atau Potongan

Cara menilai kualitas liontin berlian asli selanjutnya dengan memperhatikan cut atau potongan. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi keindahan berlian. Pastikan Anda memilih liontin dengan kualitas tertinggi yaitu excellent. Excellent cut memiliki potongan yang presisi dan tepat sehingga kualitasnya bagus. Di bawah excellent ada skala very good, good, fair, dan poor.

Carat Weight atau Berat Karat

Terakhir yang perlu Anda pahami adalah carat weight atau berat karat. Carat weight menunjukkan berat berlian yang ada pada liontin. Semakin berat maka akan semakin mahal dan berharga. Nilai 1 carat berlian sama dengan 0,2 gram atau 200 milligram. Usahakan memilih carat weight yang tak biasa agar lebih menguntungkan.

Sudah paham mengenai faktor 4C untuk mengetahui kualitas liontin berlian asli? Selanjutnya Anda bisa memilih liontin favorit dari koleksi The Palace Jeweler. Brand satu ini menawarkan banyak koleksi liontin kekinian. Salah satu koleksi terbaru adalah liontin berlapis dengan desain berlapis. Ada juga koleksi Moela dengan harga terjangkau namun kualitasnya masih sangat bagus. Anda tidak akan merasa kecewa jika membeli liontin dari The Palace Jeweler.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.