Tips Mencegah Kerusakan dan Kehilangan Bagasi saat Liburan

 


Selain untuk kesehatan, jiwa, dan pendidikan, sejumlah perusahaan asuransi Indonesia kini sudah menawarkan proteksi saat nasabah liburan. Adalah asuransi perjalanan yang dapat dipilih untuk mendapatkan perlindungan tersebut. Berbagai layanan dan keunggulan pun disediakan, salah satunya adalah pengajuan klaim ganti rugi saat bagasi rusak sampai hilang.

Walau ada jaminan tersebut, Anda tetap harus melakukan persiapan untuk mencegahnya terjadi seperti yang dijelaskan berikut ini:

Gunakan bagasi kabin pesawat

Anda dapat memanfaatkan bagasi kabin sebagai salah satu bentuk pencegahan saat bepergian memakai pesawat terbang. Pada tahap ini, barang-barang yang dibawa akan diletakkan pada area penyimpanan yang tersedia di kabin.

Langkah ini memberikan berbagai kemudahan. Selain menekan risiko kerusakan atau kehilangan, memakai bagasi kabin tak akan membuat Anda menunggu lama di tempat pengambilan koper.

Tulis informasi dengan spidol permanen

Siapkan informasi seperti nama dan kontak (nomor telepon atau alamat email) pada bagasi yang dibawa. Sayangnya selama perjalanan berlangsung, tak jarang tulisan pada tanda pengenal terhapus sebagian yang akan menyulitkan pencarian.

Oleh karena itu, Anda disarankan memakai spidol permanen agar informasi pada tanda pengenal tidak mudah terhapus. Anda pun dapat mudah mengenali bagasi saat hendak mengambilnya.

Tambahkan dekorasi pada koper

Tak ada salahnya menambahkan dekorasi pada koper untuk memudahkan Anda mengenalinya, terutama saat berada di baggage carousel. Pasalnya, banyak orang yang sulit menemukan koper, bahkan malah tertukar, akibat kesamaan desain dan warna pada sebuah penerbangan.

Penumpang disarankan memakai tali atau strap maupun hiasan lain pada koper. Pastikan ukuran maupun panjangnya nanti tak akan tersangkut di koper atau tas penumpang lain.

Pilih koper dengan warna mencolok

Cara lain yang akan menekan risiko kerusakan atau hilangnya bagasi selama di perjalanan adalah memakai warna mencolok. Misalnya merah cabai dan kuning neon yang mudah menarik perhatian, terutama saat Anda melakukan penerbangan di malam hari saat penerangan sedang temaram.

Motif pada permukaan koper pun membantu seseorang menemukannya dalam waktu cepat. Terutama kalau Anda belum kunjung menemukan pilihan yang sesuai.

Simpan bukti bagasi dari maskapai

Ketika menyimpan bagasi, biasanya penumpang akan menerima daftar barang yang sudah dicek pihak maskapai penerbangan. Simpan di tempat yang mudah dijangkau. Dokumen tersebut, kalau sampai hilang, bakal menyulitkan Anda saat memprosesnya ke perusahaan asuransi.

Jangan lupa foto bagasi atau koper yang dibawa sebagai bukti dokumentasi. Hal tersebut akan memudahkan pihak maskapai atau perusahaan asuransi saat melakukan penelusuran.

Demikian rangkaian cara yang dapat diaplikasikan untuk supaya bagasi lebih aman dibawa. Semoga Anda menemukan perusahaan asuransi Indonesia yang menyediakan layanan sesuai kebutuhan, khususnya memproteksi berbagai barang yang dibawa.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.