Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Instalasi Pipa Air Panas di Rumah

 

Kebutuhan air panas di rumah saat ini menjadi salah satu yang populer, lho. Tidak jarang beberapa rumah kini menyediakan water heater yang biasanya difungsikan untuk keperluan mandi pada saat udara dingin maupun saat tubuh sedang lelah dan membutuhkan usaha relaksasi dengan menggunakan sentuhan air hangat. Tentu pemasangannya pun membutuhkan perhatian ekstra mengingat risiko keamanannya yang tinggi, seperti menentukan saluran pipa, jenis pipa ppr air panas yang pas, instalasi mesin pemanasnya yang harus jauh dari jangkauan anak-anak, hingga perlunya memperhatikan estetika.

Bagi kamu yang berniat memasang water heater di rumah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan instalasi pipa air panas! Yuk, disimak.

Posisi instalasi water heater

Water heater dijalankan dengan menggunakan tenaga listrik dan tentunya membutuhkan pasokan air yang cukup yang ditampung ke dalam sebuah tangki. Hal ini membuat mesin pemanas tidak boleh jauh dari sumber daya listrik serta dilalui oleh aliran pipa air yang memadai. Untuk itu, mesin water heater harus ditempatkan secara strategis sekaligus jauh dari jangkauan anak. Selain itu, jika water heater ditempatkan di dinding rumah, pastikan dinding rumahmu kokoh dan mampu menopang beban water heater, ya.

Jenis pipa air panas

Salah satu hal yang paling penting selain mesin water heater itu sendiri adalah pipa air yang digunakan. Tidak boleh sembarang pipa yang digunakan, melainkan harus disesuaikan dengan jenis cairan yang mengalir di dalamnya. Beberapa jenis pipa air yang tahan akan suhu yang tinggi beberapa di antaranya adalah pipa PPR, pipa galvanis, dan pipa yang terbuat dari tembaga. Di antara beberapa jenis pipa di atas, pipa PPR menjadi salah satu pilihan pipa terbaik, mengingat kelebihannya yang mampu menjaga suhu air tetap konstan, tahan korosi, bahkan juga tahan gempa karena teksturnya yang cenderung elastis. Selain itu, pipa PPR terbuat dari bahan yang disebut dengan Termoplastik, yakni merupakan jenis bahan plastik yang dapat didaur ulang sehingga penggunaannya lebih ramah lingkungan.

Ukuran water heater

Selain posisi pemasangan dan pipa penyalur air panas, ukuran water heater juga perlu dipikirkan, ya. Hal ini berhubungan dengan ukuran rumah atau tempat instalasi, jumlah penghuni serta kebutuhan air panas sehari-hari. Penting untuk memilih water heater dengan tangki air yang sesuai dengan kebutuhan, karena umumnya ukuran tangki akan juga mempengaruhi jumlah keran air panas serta besaran pipa air yang perlu dipasang.


Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memasang water heater atau mesin pemanas air di rumah untuk keperluan mandi. Jika ragu, pastikan kamu meminta bantuan teknisi yang memang berpengalaman sehingga pemasangan water heater tidak hanya sesuai namun juga tidak mengganggu pemandangan interior dalam rumah.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.