Yuk, Wisata Sejarah ke 8 Gedung Ikonik di Bandung Ini!



Bandung memang memiliki sejuta pesona yang membuat kota ini selalu asyik untuk dikunjungi. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam yang menawan, wisata kuliner yang unik dan menggugah selera dan tak ketinggalan wisata sejarah ke berbagai gedung ikonik yang jadi saksi sejarah.


Ada banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di Bandung, seperti peristiwa Bandung Lautan Api, penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika dan masih banyak lainnya. Tak heran jika di kota ini terdapat banyak bangungan peninggalan Belanda yang kini jadi objek wisata sejarah yang bisa kamu jelajahi.


Selain nilai sejarahnya, bangunan-bangunan ikonik bersejarah di Bandung ini juga punya arsitektur menarik khas Eropa kuno yang sangat cocok untuk lokasi hunting berfoto. Jika kamu tertarik wisata sejarah, jangan lupa mampir ke gedung-gedung ikonik nan bersejarah di Bandung ini ya.


1. Gedung Sate

Gedung yang memiliki ornamen khas berbentuk tusuk sate pada menara utamanya ini merupakan salah satu landmark populer di Bandung. Berada di kawasan Gasibu, gedung yang kini menjadi kantor Gubernur Jawa Barat ini mulai dibangun pada tahun 1920 ini dulunya bernama Gouvernements Bedrijven (GB).
Mengusung arsitektur bergaya New Indies, bangunan ini ternyata juga memiliki museum yang diberi nama Museum Gedung Sate dan baru dibuka untuk umum pada 2017 lalu.  


2. Monumen Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju)

Monumen yang menyimpan sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat ini berada tepat di depan Gedung Sate dan juga Universitas Padjadjaran. Monju memiliki arsitektur bangunan yang unik dengan bangunan berbentuk bambu runcing bergaya modern.
Di dalam monumen ini kamu bisa melihat berbagai diorama, relief yang menggambarkan perjuangan rakyat Jawa Barat dari sejak masa kerajaan hingga saat masa mempertahankan kemerdekaan. Ada juga ruang audiovisual dan perpustakaan di museum ini.


3. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum yang dibangun antara tahun 1910-1915 ini memiliki arsitektur bergaya Romantisme yang awalnya digunakan untuk tempat tinggal perwira Belanda. Lalu bangunan ini dijadikan tempat bersembunyi saat Jepang masuk ke Indonesia. Kemudian bangunan ini diambil alih oleh Pasukan Siliwangi dan digunakan sebagai markas setelah kemerdekaan.


Baru pada tahun 1966 bangunan ini beralih fungsi menjadi museum. Koleksi yang bisa kamu lihat di dalam museum ini ada banyak sekali. Diantaranya yaitu koleksi senjata tradisional hingga modern yang digunakan oleh pasukan Kodam Siliwangi, peralatan perang saat masa pendudukan Jepang, galeri lukisan tentang kerja paksa, koleksi foto saat peristiwa Bandung Lautan Api hingga koleksi busana yang dipakai oleh Ki Hajar Dewantara.


4. Gedung Merdeka

Terletak di Jalan Asia Afrika, gedung ini dulunya adalah tempat berkumpulnya orang-orang Belanda yang juga anggota Societeit Concordia pada tahun 1879. Pada tahun 1921 bangunan ini direnovasi dengan menggunakan gaya art deco yang kental dengan nuansa khas Eropa.


Setelah Indonesia merdeka, gedung ini beralih ke tangan pemerintah Indonesia sebelum Konferensi Asia Afrika digelar pada tahun 1955. Lalu oleh Presiden Soekarno nama gedung ini diubah menjadi Gedung Merdeka pada 7 April 1955.
Kini, gedung yang satu ini masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu spot wisata heritage walk maupun wisatawan yang berkumpul di sekitaran Alun-alun Bandung.


5. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum ini dibangun sebagai untuk memperingati keberhasilan acara Konferensi Asia Afrika 1955 yang jadi titik penting politik luar negeri Indonesia setelah kemerdekaan.


Museum ini punya interior yang megah dan bisa dimasuki secara gratis lho! Museum ini juga jadi salah satu spot menarik jika kamu mengikuti tur heritage walking atau menyusuri sekitaran Jalan Asia Afrika hingga Jalan Braga.


6. Monumen Bandung Lautan Api

Kamu pasti tahu lagu Bandung Lautan Api kan? Lagu nasional ini dibuat untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada 23 Maret 1946. Peristiwa ini juga diabadaikan dalam bentuk Monumen Bandung Lautan Api yang berada di Lapangan Tegallega.


7. Masjid Raya Bandung

Masjid yang dibangun pada tahun 1810 ini telah mengalami beberapa kali perombakan dan renovasi besar-besaran. Kini di sekitar masjid ini terdapat kawasan alun-alun kota yang tertata rapi dan juga jadi spot bersantai warga Bandung maupun wisatawan.


8. Gedung Pakuan

Gedung yang dibangun pada tahun 1864 ini dulunya dipakai sebagai rumah kediaman resmi Residen Priangan. Namun saat ini gedung tersebut menjadi rumah dinas Gubernur Provinsi Jawa Barat.


Nah itulah tadi 8 bangunan ikonik nan bersejarah di Bandung yang bisa jadi tujuan wisata menarik selanjutnya. Kamu bisa lho liburan ke Bandung dengan aman dan nyaman naik travel Jackal Holidays yang dikenal sebagai operator travel premium? Kamu bisa beli tiketnya dengan mudah di Traveloka lho! Selamat berlibur!

1 komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.