5 Destinasi Wisata Top di Bali Untuk Libur Lebaran 2022


Bali memiliki kekayaan alam nan eksotis. Mulai dari pantai, laut, hutan, sawah, sungai hingga gunung ada di sini. Tak hanya itu, kearifan budaya lokal Bali, dibalut dengan ritual keagamaan masih sangat kental dan terjaga. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. 


Keindahan Bali sudah terkenal hingga mancanegara dan menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan dunia. Bahkan, Bali pernah menjadi lokasi syuting beberapa film Hollywood terkenal. Diantaranya, Film berjudul 'Eat, Pray, Love' yang diperankan oleh artis kenamaan asal Amerika Serikat yaitu Julia Roberts. Tidak ada salahnya, jika libur lebaran 2022 nanti, kamu memilih Bali sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.

 

Pergi ke pulau Dewata tidak hanya bisa ditempuh melalui jalur udara maupun laut. Tapi ternyata dapat dilakukan melalui jalur darat. Naik bus saja dari Surabaya ke Bali yang dapat dipesan melalui Traveloka Lifestyle SuperApp. Memang perjalan yg akan kamu lakukan bisa lebih lama. Namun tarifnya relatif lebih murah dibandingkan moda transportasi lainnya. 


Bus yang melayani rute perjalanan dari Surabaya ke Bali biasanya adalah kelas bisnis dan eksekutif. Sehingga perjalanan panjang pun akan nyaman dilakukan. Jika kamu berencana untuk pergi ke Bali, untuk menghabiskan libur lebaran. Jangan lupa untuk mengunjungi 5 destinasi wisata favorit di Bali ini. Simak ulasannya. 


1. Pura Luhur Uluwatu

Tempat wisata ini sudah lama terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata di Bali. Pura ini juga merupakan salah satu pura tertua dan menjadi pilar keagamaan umat Hindu Bali. Konon katanya anak tangga Pura Luhur Uluwatu dibuat lebih dahulu dibandingkan bangunan puranya sendiri. Tidak hanya ritual keagamaan, acara kebudayaan seperti tari pecak juga sering mengadakan pertunjukan disini. 

 

Suasana spiritual dan kebudayaan yang kental dipadukan dengan pemandangan alam yang mengikat dari pantai pecatu, akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini. Diluar bangunan pura, siap-siap kamu akan disambut oleh segerombolan kera. Tidak perlu takut, segerombolan kera tersebut tidak akan bersikap agresif, karena sudah terbiasa berinteraksi dengan para wisatawan. 



2. Dedari Ubud 

Pariwisata di Bali sempat meredup akibat pandemi Covid-19. Walaupun begitu, kamu tetap bisa menemukan tempat wisata baru di pulau para dewa ini. Salah satunya Taman Dedari Ubud, yang baru diresmikan pada tanggal 9 Januari 2021. Sebenarnya, Taman Dedari adalah restoran yang memiliki icon unik bernilai seni yaitu patung Bidadari. Atau dalam bahasa lokal disebut ‘Dadari’. Selain itu tempat ini juga memiliki view yang indah. Yaitu hamparan lahan luas disertai taman-taman indah. 

 

Icon seni ini bukan hanya sekedar patung. Namun merupakan mahakarya para seniman ternama di Bali. Kamu dapat melihat 50 patung beserta 4 patung bidadari berukuran 10 meter. Dedari Ubud terletak di tepi sungai Ayung yaitu kawasan wisata terkenal rafting di Ubud. Jika kamu sedang berada lokasi Ayung, sempatkan mampir ke tempat ini 



3. Lembah Maha Gangga Di Karangasem

Berlokasi di Karangasem Bali. Resort di tengah sawah ini memiliki pemandangan alam hijau yang luas dan dikelilingi bunga-bunga. Selain itu, Lembah Maha Gangga Di Karangasem ini juga berdekatan dengan kawasan wisata Tirta Gangga. 


Resort ini juga tergolong unik, karena bangunannya yang berbentuk gubug seperti rumah adat Papua, namun dengan fasilitas modern. Layaknya pedesaan pada umumnya, Lembah Maha Gangga Di Karangasem juga terdapat sungai dengan mata air yang jernih. Disini kamu bisa mandi dan bermain air sepuasnya sambil menikmati hidangan yang disediakan. 


4. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran merupakan desa wisata favorit wisatawan. Desa ini cukup unik, karena memiliki konsep bangunan warga yang ramah lingkungan. Bahkan cat setiap rumah warga, berbahan dasar tanah liat. Setiap rumah memiliki bentuk yang hampir mirip, dengan pintu depan yang dibuat sempit. Hanya muat untuk satu orang saja. Selain itu, masyarakatnya juga menjunjung tinggi kearifan lokal. Hal ini terlihat dari adanya beragam acara budaya serta ukiran tradisional khas Bali di setiap rumah. 

 

Pemandangan di desa ini pun cukup memanjakan mata ditambah udara sejuk khas pedesaan .Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mencoba sajian kuliner khas desa penglipuran yaitu loloh cemcem. Minuman tradisional ini terbuat dari tamarin, gula, kelapa dan daun cemceman. Berwarna hijau, memiliki cita rasa unik dan cukup menyegarkan, minuman loloh cemcem ini lebih lezat jika diminum pada siang hari saat cuaca terik. 


5. Pantai Melasti 

Jika berbicara Bali, pasti yang terbayang adalah pantainya yang indah. Salah satu pantai yang menjadi trending akhir-akhir ini adalah Pantai Melasti. Awalnya pantai ini berlokasi tersembunyi dan tidak banyak orang yang tahu serta mau berkunjung. Karena aksesnya yang minim. 


Namun saat ini aksesnya sudah dibuat lebih mudah bagi wisatawan. Pantai ini memiliki keunikan, yaitu pasirnya yang putih. Tempat wisata ini cocok untuk para penikmat senja dan para peselancar. Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan disini adalah snorkeling, karena air disini cukup jernih sehingga panorama bawah laut dapat terlihat jelas. 

 

Itulah 5 destinasi wisata top Bali yang bisa kamu kunjungi saat libur lebaran 2022 nanti. Saat berwisata pastikan kamu tetap menerapkan protokol kesehatan yang benar. Seperti memakai masker dan menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak aman dengan sesama pengunjung.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.