Beragam Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kota Lama Semarang

Source: https://www.idntimes.com/

Jika sedang berada di Semarang, jangan lupa mampir ke area Kota Lama karena tidak lengkap saat ke Semarang tapi belum pernah ke Kota Lama. Salah satu tempat wisata yang dilengkapi dengan bangunan kolonial kuno merupakan pusat perdagangan saat masa dulu. Bahkan sekarang Kota Lama terkenal dengan tempat wisata yang selalu ramai didatangi setiap harinya. Ditambah juga ada banyak spot-spot menarik untuk kegiatan fotografi. Sebelum menuju ke Kota Lama, sebaiknya ketahui beragam hal yang memang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan mengenai Kota Lama yang ada di Semarang.


Sejarah


Sebuah perjanjian ditandatangani dan disepakati pada 1678 yang membuat Kerajaan Mataram harus menyerahkan sepenuhnya Kota Semarang kepada pihak VOC sebagai bayaran karena sudah membantu melawan pemberontakan Trunojoyo. Setelah itu, Kota Semarang mulai diurus dan dibangun VOC. Ada benteng yang dinamakan Vijfhoek yang difungsikan sebagai rumah masyarakat Belanda yang berada di Semarang saat itu. Setelah adanya kejadian Geger Pacinan yang terjadi pada rentang 1740 sampai 1743 maka didirikanlah sebuah benteng pertahanan untuk mengelilingi Kota Lama tetapi dibongkar pada tahun 1824. Untuk mengenang sejarah dan keberadaan benteng, maka ada beberapa jalan di Kota lama diberikan sebuah nama yang sama dengan benteng tersebut.


Lokasi


Setiap orang akan dengan mudah menuju Kota Lama karena ada di pusat kota dan ada di Jl Letjen Suprapto, Desa Tanjung Emas, Kec Semarang Utara, Semarang. Kawasan sekitaran Kota Lama hadir dengan arsitektur yang indah dan luar biasa yang berada di samping Pasar Johar serta Stasiun Tawang.


Rute


Untuk sampai di Kota Lama, ada beberapa cara yaitu dengan angkutan umum atau dengan kendaraan pribadi. Jika naik kereta api, pengunjung bisa turun di Stasiun Tawang dan bisa langsung berjalan kaki yang akan menghabiskan waktu sekitar 10 menit. Jika naik Trans Semarang, maka bisa langsung turun di kawasan Kota Lama. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa memanfaatkan aplikasi pencari rute agar lebih dekat.


Fasilitas


Fasilitas umum yang ada di Kota Lama sudah terbilang lengkap mulai dari tempat ibadah, jalur pejalan kaki, tempat sampah, dan toilet sudah tersedia. Bahkan sekarang ada jalur sepeda untuk orang-orang yang berolahraga atau bekerja dengan sepeda. Jadi semua pengunjung hanya perlu menikmati kenyamanan dan keindahan Kota Lama secara gratis. Jika lapar, maka bisa pilih kafe atau tempat makan yang sudah tersedia mulai dari harga paling murah hingga agak mahal.


Setelah mengetahui banyak hal tentang Kota Lama, maka selanjutnya bisa merencanakan perjalanan ke kawasan ini. Cobalah untuk meluangkan beberapa hari agar bisa mengelilingi semua tempat wisata di Semarang. Untuk akomodasi, temukan rekomendasi hotel di Semarang yang harganya hanya 200 ribuan, yaitu Hotel Pelangi Indah yang sudah termasuk fasilitas hotel. Dapatkan langsung promo hotel menarik dengan install dan pesan melalui aplikasi Pegipegi.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.